WEBINAR PERAN KEPEMIMPINAN HAKIM PEREMPUAN DALAM PERADILAN DI INDONESIA, MALAYSIA DAN AUSTRALIA

Bolaang Uki, 15 April 2021

 

 

Hakim Perempuan di Pengadilan Agama Bolaang Uki hari ini 15 April 2021 mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh Australia Indonesia Partnership for Justice 2 (AIPJ2) dengan tema Peran Kepemimpinan Hakim Perempuan dalam Peradilan di Indonesia, Malaysia dan Australia. Undangan ini diperuntukkan seluruh Hakim Perempuan Pengadilan Agama di seluruh Indonesia.

 

 

Dengan pembicara The Hon Tengku Maimun Tuan Mat (Ketua Mahkamah Agung Malaysia), Pidato Kunci Prof. Dr. Takdir Rahmadi, S.H., LL.M. (Ketua Kamar Pembinaan/Ketua Pokja perempuan dan Anak Mahkamah Agung Republik Indonesia), Penanggap Kunci The Hon. Justice Judy Ryan (Family Court of Australia/FCOA), Penanggap Dr.Hj.Diah Sulastri Dewi, S.H.,M.H. (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Tanjung Karang), Dr. Andriani Nurdin, S.H.,M.H. (Wakil Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta), dan Dr.Hj. Lelita Dewi, S.H.,M.Hum. (Ketua Pengadilan Agama Pariaman), serta untuk moderator adalah Laode Muhammad Syarif, S.H.,LL.M.,Ph.D.

Webinar tersebut dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan acara pembukaan masing-masing perwakilan dari Indonesia, Malaysia dan Australia. Ketua Kamar Agama YM Dr. H. Amran Suadi, S.H,M.H,M.M juga memberikan sambutan singkatnya. Beliau mengucapkan selamat untuk seluruh Hakim agama perempuan yang telah dilantik dan menjabat saat ini di satker masing-masing.

 

Acara dilanjutkan dengan agenda tanya jawab dari seluruh hakim perempuan yang mengikuti acara webinar tersebut. Ada salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada Judy Ryan mengenai bagaimana memberi teladan yang baik untuk hakim perempuan di Indonesia dan apakah dukungan keluarga untuk keberlangsungan karir seorang hakim perempuan merupakan hal yang penting untuk hakim di Australia.

 

Pertanyaan tersebut ditanggapi langsung oleh Judy Ryan, menurutnya dalam konteks Peradilan di Indonesia perlu identifikasi yang berhasil dalam karir mereka sebagai hakim pengadilan, tantangannya adalah kesulitan bertemu dengan kolega perempuan yang bisa digunakan untuk mereplikasi kesuksesan dari kolega lainnya. Bisa menjadikan Ketua atau Wakil Ketua wanita sebagai role mode, untuk dijadikan model karir kedepannya. Lanjutnya, bisa juga ditempuh dengan cara mengundang narasumber atau champion, untuk strategi menempuh hierarki karier yg lebih tinggi. Dukungan dari keluarga sangatlah penting, terutama hakim perempuan untuk keberlangsungan kariernya. Saat anda yakin dengan kemampuan anda maka anda perlu dukungan dengan orang yg sepemikiran dengan anda, terutama keluarga. (rlf)

Acara Ngobrol Bareng Kupas ZI Angkatan 1

Rabu, 14 April 2021,

 

Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki, Nadimin, S.Ag.,M.H., Mengadakan Acara Ngobrol Bareng Kupas ZI Angkatan 1. Acara dilakukan melalui zoom meeting dan streaming youtube melalui youtube channel Pengadilan Agama Bolaang Uki, dengan dihadiri oleh perwakilan dari beberapa Pengadilan Agama Seluruh Indonesia. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Himne Mahkamah Agung, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, yang pertama dari Ketua Panitia Acara, Nadimin, S.Ag., M.H. kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Ditjen Badan Peradilan Agama, Drs. Arief Hidayat, S.H., M.M. Lalu dilanjtukan dengan materi yang diisi oleh pembicara 5 peraih WBK.

 

Ketua panitia, Dalam sambutannya berharap semoga dengan acara yang dikemas dengan silaturahmi santai ini bisa membawa berkah kepada kita semua, sehingga sebagaimana yang sudah menjadi niat kita semua untuk memperoleh Lembaga Peradilan predikat A-Exelent dan juga dapat meraih predikat WBK dan WBBM.

 

Sekretaris Ditjet Badan Peradilan Agama (BADILAG), Dalam sambutannya menyampaikan bahwa Integritas adalah miliknya orang-orang berani keluar dari zona nyaman, yang selalu menyertakan allah SWT dalam setiap aktifitas. Berbicara mengenai WBK dan WBBM maka rujukannya adalah Permenpan RB nomor 10 tahun 2019 yang berisi tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM. Disamping itu Sekretaris Ditjen BADILAG juga memberikan tips mengenai kriteria-kriteria yang harus dipenuhi. Yang pertama yaitu memenuhi lembar kerja evaluasi (LKE) terkait dengan komponen pengungkit dan komponen hasil. Tips yang kedua terkait dengan Teknik presentasi yang dapat meyakinkan tim penilai bahwa inovasi tersebut hanya ada di Pengadilan tersebut. Sekretaris Ditjen BADILAG juga menyampaikan terkait 3 indikator sukses atau tidaknya proses zona intergritas yang dilakukan. Yang pertama terkait dengan keluhan stakeholder, kedua terkait dengan perubahan sikap dan perilaku serta budaya kerja dikantor, dan yang ketiga terkait suasana kerja yang harmonis.

Peresmian Vaksin COVID-19 di Bolsel

Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru SPt didampingi Wabup Deddy Abdul Hamid membuka Forum Pencanangan Vaksinasi Covid-19 dan penandatanganan Komitmen dukungan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Lapangan Futsal Molibagu, Senin (01/02/2021).

Dikatakan, simbolisasi penerimaan vaksin kepada pejabat publik hari ini juga diharapkan dapat menumbuhkan optimisme dan harus digaungkan supaya meningkatkan kepercayaan masyarakat, bahwa vaksin ini aman dan halal karena sudah mendapat otorisasi dari Badan POM dan MUI. 

Turur hadir Anggota DPR RI Komisi V H. Herson Mayulu SIP, Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki Nadimin, S.Ag., M.H. , unsur Forkopimda, Kacabjari Dumoga Evans Sinulingga, Ketua DPRD Ariffin Olii, Ketua TP PKK/Ketua PMI Ny. Selpian Kamaru-Manoppo, pimpinan BSG Molibagu, Sekda Marzanzius Arvan Ohy SSTP, para Asisten Sekda, pimpinan PD, Camat dan sangadi se-kabupaten Bolsel.

“Sementara untuk sasaran vaksinasi selanjutnya bertahap dari TNI/Polri, ASN layanan publik dan masyarakat umum. Sedangkan mekanisme pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan dalam 4 tahap yaitu tahap pendaftaran, tahap screening, tahap penyuntikan vaksin dan tahap evaluasi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI)” jelasnya.

Sekedar diketahui dalam kegiatan ini jajaran Forkopimda Bolsel menerima suntikan perdana Vaksin Covid-19, akan tetapi Bupati, Wabup, Sekda dan Ketua Pengadilan Agama tidak lolos screening dan belum disuntik vaksin karena dinyatakan tidak memenuhi syarat penerima vaksin. 

Danramil Bolaang Uki Kapten (Inf) Demesus Abraham, yang menjadi orang pertama yg divaksin disusul oleh Kacabjari Evans Sinulingga.

     

 

Diskusi SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah)

Bolaang Uki, 10 Februari 2021.

Pengadilan Agama Bolaang Uki mengikuti Zoom Meeting yang bertema “Diskusi SAKIP” (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) pada hari Rabu, 10 Februari 2021 mulai pukul 13.30 WITA sampai dengan selesai. Penggagas diskusi ini adalah Panitera PTA Manado Mochammad Jusuf, S.H., dan diikuti oleh beberapa unsur pejabat baik di Kepaniteraan maupun Kesekretariatan seluruh Pengadilan Agama sewilayah PTA Manado.

 

 

Diskusi membedah tentang Analisis SWOT yakni Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).

Diskusi berjalan cukup lancar, dalam panelnya narasumber diskusi Mochammad Jusuf, S.H mengharapkan agar memanfaatkan Anggaran DIPA 04 tahun 2021 yang terdiri dari Angaran Posbakum, pembiayaan prodeo dan sidang diluar gedung Pengadilan dimanfaatkan sebaik mungkin dengan mengedepankan analisis SWOT, sehingga masing-masing satker diharapkan mampu menyerap 100% dan kemudian menuangkan dalam penyusunan laporan SAKIP dan LKJIP sebagai bentuk laporan kinerja yang berkualitas.

Diakhir acara Mochammad Jusuf, S.H mengapresiasi kepada seluruh peserta diskusi dengan ucapan “Terima kasih atas atensi teman-teman semua, yang jelas ternyata kita punya pemikiran yang sama untuk PA sewilayah PTA Manado Kedepannya, bravo!”

Tasyakuran Hari Lahir Nahdlatul Ulama ke-95

 

Bolaang Uki, Ahad (31 Januari 2021).

Dalam rangka hari lahir Nahdlatul Ulama ke-95 (31 Januari 1926-31 Januari 2021), pengurus cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) mengadakan kegiatan tahlilan dan kajian kebangsaan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki Nadimin, S.Ag., M.H. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Bolaang Mongondow Selatan Haji Iskandar Kamaru, Ketua PCNU Bolsel Zulkarnain Kamaru, Ketua GP Ansor Fadli Tuliabu, Ketua IKPMII Bolsel Ahmadi Madeong, serta Ust Asep Ageng Maulana sebagai pemateri dalam kajian kebangsaan .

Kegiatan dilaksanakan untuk menjaga silaturahmi warga Nahdlatul Ulama Bolaang Mongondow Selatan.  Serta membangkitkan sejarah Nahdlatul Ulama dalam menyebarkan islam ahlussunnah wal jamaah maupun meneguhkan komitmen kebangsaan.

Dimomentum hari lahir NU yang ke-95 tahun ini, ketua PCNU Bolsel berharap, semoga NU senantiasa diberikan kekuatan dalam memegang amanah peran keagamaan dan kebangsaan ditengah-tengah masyarakat. Sementara itu Bupati Bolaang Mongondow Selatan juga berharap agar NU kedepan tetap meneguhkan komitment kebangsaan yaitu 4 pilar kebangsaan antara lain Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

 

Editor : Riski Lutfia Fajrin

Hubungi Kami

Alamat :

Jln.Veteran, Toluaya 95774

Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara

https://pa-bolaanguki.go.id/

Email : 

pa.bolaanguki@gmail.com

Instagram :

pa.bolaanguki

Facebook :

pa.bolaanguki

Youtube :

Pengadilan Agama Bolaang Uki

Lokasi Kantor

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu kemarin
Bulan ini
Bulan kemarin
Keseluruhan
169
380
4255
266988
9474
17840
274679

Your IP: 3.227.235.216
2021-09-19 08:47

Pencarian