Purnatugas Panitera PTA Manado

Manado, 28 Juli 2022

Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki Uten Tahir, S.H.I., M.H. berserta Panitera Pengadilan Agama Bolaang Uki M. Mukhtar Lutfi, S.Ag. dan Sekretaris Pengadilan Agama Bolaang Uki M. Naser Wahid, S.Sos. juga Juru sita pengganti yang telah lolos seleksi Calon Panitera Pengganti Agung D.C. Laksana, S.H. mengikuti acara Purnatugas Panitera PTA Manado Muchammad Jusuf, S.H.

 

Terima kasih ata bimbingan dan arahannya selama ini, semoga bapak Muchammad Jusuf, S.H. senantiasa diberikan kesehatan dan kesuksesan.

 

Bimtek Kepaniteraan dan Sosialisasi PNBP

Manado, 28 Juli 2022

Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki Uten Tahir, S.H.I., M.H. berserta Panitera Pengadilan Agama Bolaang Uki M. Mukhtar Lutfi, S.Ag. dan Sekretaris Pengadilan Agama Bolaang Uki M. Naser Wahid, S.Sos. juga Juru sita pengganti yang telah lolos seleksi Calon Panitera Pengganti Agung D.C. Laksana, S.H. mengikuti acara Bimbingan teknis kepaniteraan dan Sosialisasi PNBP yang diadakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Manado.

 

Selain dihadiri oleh pejabat yang Langsung berada dilokasi, acara ini juga diikuti secara daring melalui Zoom meeting oleh pegawai kepaniteraan Pengadilan Agama Bolaang Uki

 

HUT Bhayangkara ke-76 Di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan

Peringatan HUT Bhayangkara yang ke-76 di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dilaksanakan dengan menggelar acara upacara di Alun-alun molibagu. Acara di ikuti oleh Bupati, Wakil Bupati dan jajaran Forkopimda Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Perwakilan dari Pengadilan Agama Bolaang Uki di hadiri oleh Plh. Ketua, Ibu Riski Lutfia Fajrin, S.H.I.

Upacara Puncak sendiri digelar di Mabes Polri Jakarta yang diikuti oleh 32 Polda bersama seluruh jajaran Polres dan Polresta se-Indonesia. Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara berharap agar Motto "Polri Presisi" benar-benar menjadi bagian dari tugas Polri sebagai Pengayom dan pelindung masyarakat. Presiden juga berpesan agar dalam tugasnya, Polri tetap mengedepankan pendekatan humanity namun tetap tegas dalam pengambilan keputusan.

Selanjutnya, Kapolres Bolsel AKBP Ketut Suryana dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemerintah dan Masyarakat Kab Bolsel atas jalinan kerjasama yang telah terbangun baik serta dukungannya dalam tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Bupati H. Iskandar Kamaru SPt dan Wabup Deddy Abdul Hamid mengucapkan selamat memperingati HUT Bhayangkara ke-76 kepada Kapolres dan seluruh jajarannya dengan harapan Polres Bolsel dapat lebih baik lagi dalam tugas pelayanan dan pengayom masyarakat.

Acara HUT Bhayangkara ini dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada perwira termuda dan tertua di lingkungan Polres Bolsel.

Pengadilan Agama Bolaang Uki bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Mengadakan Perjanjian Kerjasama Tentang Layanan Pemeriksaan Kesehatan Anak Dalam Rangka Permohonan Dispensasi Kawin

Bolaang Uki, 19 Juli 2022

Bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Agama Bolaang Uki, Selasa (19/7/2022) dilaksakannya Memorandum of Understanding (Perjanjian Kerjasama) antara Pengadilan Agama Bolaang Uki dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Pelaksanaan Perjanjian Kerjasama ini merupakan perintah dari Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia, sesuai dengan surat Nomor 2449/DjA/HM.00/4/2022, tanggal 22 April 2022 perihal Kordinasi dan Perjanjian Kerjasama Dengan Dinas Kesehatan.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Uten Tahir, S.H.I., M.H. memaparkan dasar dan maksud serta tujuan dilaksanakan Perjanjian Kerjasama ini. “Tujuan diadakan Perjanjian Kerjasama ini adalah dalam rangka memenuhi maksud Pasal 15 huruf (d) Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pedoman Mengadili Permohonan Dispensasi Kawin. Selain itu tujuan Perjanjian Kerjasama ini adalah upaya memastikan keadaan biologis dan kesehatan anak yang ingin menikah di bawah umur dan meningkatkan pengetahuan tentang dampak biologis, psikologis, ekonomi dan sosial bagi yang melaksanakan perkawinan pada usia anak dini di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, melalui peran yang terintegrasi dan bersinergi, antara pusat pelayanan kesehatan masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dengan Pengadilan Agama Bolaang Uki” ucapnya.

Dan adapun maksud perjanjian kerjasama ini antara lain adalah sebagai pedoman bagi kedua belah pihak dalam pelaksanaan pemeriksaan kesehatan, sebagai persyaratan permohonan dispensasi kawin pada Pengadilan Agama Pengadilan Agama Bolaang Uki. Pemohon dispensasi kawin atau dalam hal ini para pasangan yang akan menikah di bawah umur 19 tahun akan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tenaga kesehatan. Selanjutnya akan dikeluarkan surat keterangan kesehatan oleh Petugas Kesehatan/Puskesmas sebagai rekomendasi atas hasil pemeriksaan kesehatan yang sudah dilaksanakan bagi pemohon dispensasi kawin.

Kepala Dinas Kesehatan Bolaang Mongondow Selatan dr. Sadli Mokodongan, M.Si dalam sambutanya menyambut baik dengan adanya Perjanjian Kerjasama ini, untuk bisa menekan angka pernikahan dini di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. (rlf)

Pelantikan 38 Sangadi Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan

Pelantikan 38 Sangadi Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan juga disaksikan oleh jajaran forkopimda Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Perwakilan dari Pengadilan Agama Bolaang Uki di hadiri oleh Plh. Ketua, Ibu Riski Lutfia Fajrin, S.H.I.

Dalam sambutannya Bupati Bolaang Mongondow Selatan menyampaikan rasa bangga karena hari ini dari 38 orang Sangadi yang dilantik, ada 6 orang Sangadi perempuan. "Ini jadi bukti bahwa perempuan-perempuan bolsel sangat hebat, dan bisa bersaing dengan laki-laki" ungkapnya.

Bupati lalu mengimbau para Sangadi harus mampu membangun komunikasi yang harmonis dengan BPD, sekaligus bersinergi dan terus bekerjasama dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Kemudian, dalam menjalankan tugas dan kewajiban, para Sangadi hendaknya terus berada dalam bingkai aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Saya tidak ingin ada lagi sangadi terjerat masalah hukum karena penyalahgunaan wewenang. Berhati-hatilah dan terus berkoordinasi ke instansi teknis terkait penggunaan dan pertanggungjawaban anggaran" imbuhnya.

Selanjutnya, terkait penyusunan RPJMDes untuk 6 tahun ke depan, Bupati minta para Sangadi agar menyelaraskannya dengan arah dan kebijakan pembangunan kabupaten.

"Desa adalah bagian dari sistem pemerintahan di NKRI, maka sudah kewajiban sangadi untuk tunduk dan patuh terhadap jenjang birokrasi pemerintahan" kata Bupati.

Lebih jauh, Bupati menginformasikan bahwa saat ini Pemda telah mengalokasikan anggaran pendidikan bagi guru-guru PAUD dal\am membiayai studi lanjutnya. Untuk itu, Bupati minta para sangadi agar jangan mempersulit hal ini dan tidak membeda-bedakan mana pendukung dan bukan pendukung.

Akhirnya, Bupati atas nama jajaran pemerintah dan masyarakat mengucapkan selamat kepada para Sangadi yang baru saja dilantik.

"Rangkul semua warga dan kesampingkan semua perbedaan. Rajut kembali persaudaraan dalam semangat kebhinekaan" ucapnya.

"Selamat bertugas dan berkarya serta maknai jabatan saudara sebagai anugerah dan amanah yang harus dijalankan dengan baik karena nanti akan diminta pertanggungjawabannya di dunia dan akhirat," tandas Bupati.

Subcategories

Hubungi Kami

Alamat :

Jln.Veteran, Toluaya 95774

Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara

https://pa-bolaanguki.go.id/

Email : 

pa.bolaanguki@gmail.com

Instagram :

pa.bolaanguki

Facebook :

pa.bolaanguki

Youtube :

Pengadilan Agama Bolaang Uki

Lokasi Kantor

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu kemarin
Bulan ini
Bulan kemarin
Keseluruhan
176
923
1099
469728
4357
40003
474566

Your IP: 44.197.230.180
2022-08-08 06:29

Pencarian